Varietas Kopi Moka Si Unyil dari Yaman

Photo : Dian Haryanto

Setiap mendengar kata "Arab"  maka mungkin banyak orang akan membayangkan tanah para Nabi, tanah kaya sejarah, mumi - mumi, piramida, negeri - negeri yang kaya akan sumber minyak dan gas dan sejenisnya serta padang gurun pasir. Namun demikian selain negeri yang kaya akan sejarah negeri - negeri di jazirah arab juga punya lahan pertanian yang subur di kawasan atau negara tertentu termasuk kopi 

Yaman adalah satu - satunya negara di jazirah arab yang memiliki tanaman kopi serta memiliki peran penting dalam sejarah dan perkembangan kopi dunia hingga menyebar ke berbagai negara di dunia. Jika anda pernah mencari sejarah tentang kopi di internet atau membaca buku tentang sejarah kopi maka di pastikan anda akan menemukan kata Ethiopia dan Yaman yang selalu bergandengan. 

Di kutip dari berbagai sumber menyebutkan bahwa Ethiopia sebagai awal di temukannya kopi di yakini menyeberangi laut merah hingga sampai ke Yaman pada abad ke 15. Kemudian kopi dari Yaman menyebar ke berbagai negara wilayah/Negara di dunia. Yaman satu - satunya negara di dunia yang paling tua dalam membudidayakan kopi dan pernah menjadi produsen terbesar di dunia di tambah dengan peran pelabuhan Yaman pada waktu itu hingga membuatnya populer dalam sejarah perkembangan kopi. Kopi - kopi ini berasal dari daerah pegunungan Jabal Haraz, Al-Udayn dan Ta'izz. 

Photo : Dian Haryanto

Salah satu varietas kopi yang paling populer dari Yaman adalah Moka. Nama moka sendiri berasal dari Al-makha sebuah pelabuhan besar di Yaman dimana sebagian besar kopi di export melalui pelabuhan ini sebelum abad ke 20. Sebelumnya varietas Kopi Moka sendiri sempat di golongan ke dalam species tersendiri namun akhirnya para pakar botani menetapkanya ke dalam species kopi arabika berdasarkan pertimbangan ciri - ciri tertentu yang di milikinya. 

Photo Diah Haryanto

Varietas kopi Moka merupakan varietas paling mungil di muka bumi dari segala aspek seperti batang, daun dan buah dan karena alasan ini pula yang menjadi penyebab tidak banyak petani yang membudidayakannya karena secara kalkulasi bisnis tentu sangat merugikan namun hal ini pula yang menjadi penyebab kopi moka menjadi mahal harganya dan sulit di cari. 

Photo : Dian Haryanto

Lalu bagaimana varietas ini bisa menyebar ke seluruh dunia. Kisahnya di awali dari ketika Kesultanan Ottoman Turkey menduduki Yaman pada pertengahan hingga akhir 1600-an yang menyebarluaskan  kopi ini ke berbagai wilayah di seluruh dunia. Ethiopia memang awal mula kopi di mulai namun Yaman berhasil membudidayakan terlebih dahulu sehingga secara genetic dapat di telusuri kembali ke Yaman. 

Pertanyaan pentingnya? Bagaimana bisa varietas kopi ini sampai ke Indonesia? hingga saat ini kami belum menemukan dokumen – dokumen atau catatan tentangnya kalaupun di temukan di  kemudian hari maka harus mempelejari sejarah – sejarah kerajaan ottoman yang berbahasa Turkey, Inggris dan Arab serta spanyol yang terkait dengan sejarah kopi karena ke empat bahasa ini banyak digunakan sebagai bahasa pengantar tentang sejarah kopi.


Posting Komentar untuk "Varietas Kopi Moka Si Unyil dari Yaman"