Pak Ahmad Petani Kopi dari Uning Bersah


Meski sudah lama menjadi petani namun pak Ahmad baru fokus di budidaya kopi sejak tahun 2018 dimana sebelumnya lebih banyak menjadi petani palawija selama belasan tahun  seperti jagung, kentang, tomat dan tanaman musiman lainya meski waktu itu pak Ahmad sudah memiliki kebun kopi namun pengelolaanya masih seadanya atau belum di rawat secara serius. 

Pengelolaan kebun kopi baru di lakukan Pak Ahmad secara serius sejak 2018 tepatnya sejak bergabung dengan komunitas petani kopi Bener Meriah yang memiliki program perawatan dan peningkatan produksi kopi khususnya kopi arabika yang memang menjadi komoditas andalan daerah Dataran Tinggi Gayo. 

Pak Ahmad memiliki lahan kurang dari satu hektar di kampung Uning Bersah kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah yang berasal dari pemberian orang tuanya yang ia tanami dengan beberapa varietas. Selain memiliki kebun sendiri ia juga mengontrak dua  lahan kebun kopi milik  tetanggganya yang kini ia kelola bersama keluarganya yang berlokasi di kampung yang sama. 

Urusan proses kopi juga telah ia lakukan sendiri di fasilitas yang ia dirikan  mulai dari pulper, fasilitas penjemuran, fasilitas  pengelolaan limbah serta fasilitas lain yang di butuhkan guna menunjang kegiatan peningkatan produksi kopi miliknya. 

Ke depan Pak Ahmad berencana melakukan proses penanaman ulang untuk menyeragamkan varietas kopi miliknya. Selain itu, ia juga sedang memperluas fasilitas penjemuran  sebagai rencana pengembangan bisnis yang nantinya tidak hanya menjual produk green bean tapi juga produk jadi sehingga bagi para pecinta kopi kelak yang akan berkunjung ke kebun miliknya bisa secara langsung membawa oleh - oleh produk kopi jadi. 

Posting Komentar untuk "Pak Ahmad Petani Kopi dari Uning Bersah"