Cita - Cita Dosen Jadinya Pebisnis Kopi


Lingkungan memang memiliki pengaruh yang sangat luar biasa terhadap sikap dan keputusan yang di ambil oleh seseorang. Mungkin inilah kalimat yang tepat untuk menggambarkan bagaimana Hariul Rejeka mulai terjun ke bisnis kopi yang sebelumnya sempat menjadi dosen di salah satu perguruan tinggi di Takengon. 

Alumni Fisip UISU Medan Sumatera Utara ini memulai karirnya sebagai tenaga honorer di sekdakab Bener Meriah Provinsi Aceh,  kemudian menjadi dosen di Universitas Gajah Putih Takengon. Selain menjadi dosen ternyata Hairul nyambi jadi staf Internal Control System pada koperasi produsen kopi Bius Utama yang berkantor di Kampung Bies Kecamatan Bies Takengon Aceh Tengah yang di mulai sejak tahun 2009 sampai 2011

Sejak menjadi ICS Hairul mulai mengenal dunia bisnis kopi karena berteman dengan orang - orang yang berprofesi di dunia biji hijau , merah, hitam yang akhirnya mengubah cita - citanya jadi  dosen beralih ke bisnis kopi. Ia benar - benar tertarik dengan kopi ketika mulai menjadi ICS yang merupakan staf yang paling banyak berurusan langsung dengan para petani, prosesor dan pihak lain yang terlibat program sertifikasi baik organik maupun program fairtrade dari badan sertifikasi International dan merupakan orang yang mewakili badan sertifikasi di tiap lembaga koperasi produsen komoditi pertanian. 

Hairul melihat peluang bisnis di kopi itu merupakan peluang cantik yang tidak boleh di sia - siakan meski penuh dengan tantangan karena berbagai faktor misalnya fluktuasi harga serta pengaruh eksternal lainya. Sejak tahun 2013 dari ICS khairul menjadi Nahkoda  koperasi produsen kopi Erfas Gayo dengan jumlah anggota 800 petani yang tersebar di beberapa desa. 
Koperasi Erfas Gayo yang di nahkodai Hairul merupakan koperasi produsen kopi yang masih terbilang muda dan masih sebatas produsen belum menjadi exportir secara langsung sehingga untuk pemasaran harus berpatner dengan beberapa perusahaan kopi lainya. Hal ini juga akan menjadi fokus Hairul ke depan sebagai bagian rencana pengembangan bisnis dimana ia berharap bisa langsung export sendiri guna meningkatkan nilai tambah untuk koperasi yang ia pimpin

Posting Komentar untuk "Cita - Cita Dosen Jadinya Pebisnis Kopi"