Varietas Yellow Caturra

Photo:  Armiyadi

Kopi Yellow Caturra merupakan salah satu varietas kopi dari keluarga besar atau jenis arabika. Memang arabika satu – satunya jenis kopi yang paling banyak varietasnya di banding kopi jenis lain. Kopi adalah salah satu tumbuhan yang sering mengalami perubahan atau mutasi karena berbagai faktor, misalnya lokasi tanam, cuaca atau persilangan di sengaja dan alami bukan perselingkungan.

Jadi jauh sebelum spiderman, batman bisa merubah kostumnya seketika dalam film – film mereka atau serial mak lampir yang bisa mengubah tongkatnya jadi ular dan Charlie Sheen yang jadikan ayam sebagai anak panah dalam film Hot Shot Part Deux, kopi sudah duluan mampu mengubah dirinya sendiri dari satu varietas ke varietas lainya secara alami. Perubahan kopi dari satu varietas ke varietas lainya baik di sengaja maupun tidak sengaja sering membawa keberuntungan bagi banyak pihak tidak seperti bagaimana berubahnya janji kampanye seorang politisi dengan apa yang dia kerjakan.

Jadi, sebelum kita bahas lebih lanjut mengenai varietas ini sebagai informasi tambahan varietas caturra sendiri ada dua yaitu yellow caturra dan red caturra. Varietas yellow caturra sendiri merupakan hasil mutasi gen tunggal yang menyebabkan bentuknya kerdil. Varietas ini pertama kali di temukan di Negara bagian Minas Gracis Brazil. Varietas Yellow Caturra sendiri merupakan varietas hasil dari mutasi alamiah dari varietas bourbon

Photo by Armiyadi

Seiring perkembangan waktu varietas ini digemari banyak petani karena bisa di tanam lebih padat sehingga berkembang ke berbagai wilayah dan Negara. Menurut world coffee research dalam artikelnya menyebutkan bahwa “Setelah penemuan Caturra, seleksi dilakukan oleh Instituto Agronomico (IAC) dari Negara Bagian Sao Paulo di Campinas, Brasil, mulai tahun 1937. Proses seleksi untuk Caturra disebut seleksi massal, artinya sekelompok individu dipilih berdasarkan kinerja unggul mereka, benih dari tanaman ini dibulatkan untuk membentuk generasi baru, dan kemudian proses ini diulang. Varietas ini tidak pernah secara resmi dirilis di Brasil, tetapi telah menjadi umum di Amerika Tengah.

Posting Komentar untuk "Varietas Yellow Caturra "