Varietas Castillo

Photo by El Porvenir Café De Origin

Amerika Latin sebagai salah satu wilayah produsen kopi di dunia yang terdiri dari beberapa Negara produsen kopi terus melakukan upaya penelitian untuk menemukan bibit kopi unggul yang mampu beradaptasi dengan perubahan iklim global. Hal ini sangatlah penting mengingat kopi merupakan tanaman yang sangat sensitive terhadap perubahan iklim sehingga bisa berpengaruh terhadap produksi dan kualitas kopi itu sendiri.

Pada tahun 2005 varietas baru di luncurkan ke publik, varietas baru ini di beri nama Castillo dari jenis atau species kopi arabika. Nama varietas ini sendiri di ambil dari penelitinya yaitu Jaime Castillo di bawah naungan sebuah lembaga research kopi Colombia yang bernama Colombia’s National Center for Coffee Investigation (Cenicafe)

Varietas Castillo merupakan hasil persilangan antara caturra dan hybrdo de timor. Ide persilangan muncul guna menghadapi Jamur La Roya yang sempat menghantam kopi di kawasan itu dimana sasaran jamur ini adalah daun dan pohon kopi. Sederhanaya, orang tua varietas ini di mak jomblangin sama si peneliti setelah mereka di nikahkan lahir lah anaknya bernama Castillo.

Photo by El Porvenir Café De Origin

Menurut cenicafe varietas ini memiliki daya tahan yang lebih baik terhadap penyakit karat daun dan penyakit lainya serta dapat di tanam dengan tingkat kepadatan lebih tinggi sehingga bisa meningkatkan produksi kopi per hektarnya. Cherry kopi ini juga lebih besar dan lebih tahan terhadap serangan serangga terutama penggerek buah yang sangat umum di jumpai pada tanaman kopi

Meskipun varietas ini memiliki daya tahan terhadap penyakit karat daun yang lebih baik dari saudaranya tetapi tetap saja tidak tahan terhadap harga rendah dan para pencuri karena akan membuat petaninya sengsara seperti sering terjadi di berbagai belahan meski cerita manisnya tetap indah di dengar di berbagai café –café mewah di tengah kota.

Kami berhasil menghubungi salah satu petani yang menanam varietas ini di kebunya di Bolivia. Dengan bahagia ia pun mengirimkan untuk di publikasikan agar semakin banyak orang mengetahui. Jika di lihat dari photo yang di kirimkan petani tersebut kita dapat melihat varietas Castillo pohonya lebih kerdil sehingga dapat ditanam dengan kepadatan yang tinggi



Referensi

https://perfectdailygrind.com/2017/06/coffee-varieties-debunking-the-myths-around-castillo/

https://www.cenicafe.org/es/index.php/busqueda/results/46fbb26cf81cd4714c6e33bbdd46e76e/



Posting Komentar untuk "Varietas Castillo"