Ragam Varietas Kopi di Gayo dan Faktornya

Dataran Tinggi Gayo adalah daerah yang berada di salah satu di bagian tengah Provinsi Aceh. Secara administratif Dataran Tinggi Gayo meliputi wilayah Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Bener Meriah serta kabupaten Gayo Lues. Tiga kota utamanya yaitu Takengon, Blang Kejeren dan Simpang Tiga Redelong.

Ketika anda mengunjungi Dataran Tinggi Gayo mungkin anda akan menemukan pemandangan yang berbeda dengan daerah lain soal kopi karena anda akan menemui berbagai varietas yang tumbuh dan berkembang dengan baik di kawasan ini meskipun beberapa varietas pernah gagal

Ada banyak veritas kopi yang bisa di temukan di Dataran Tinggi Gayo, lalu kenapa bisa terjadi? Secara umum saya ingin menggambarkan bahwa para petani di gayo adalah petani yang mandiri dalam segala hal termasuk urusan dalam pengembangan varietas kopi meskipun ada sisi negativenya misalnya sulitnya mencari kopi dengan satu varietas dalam jumlah banyak.

Para petani di Gayo biasanya akan mencari bibit unggul sendiri tanpa control atau rekomendasi dari pihak yang berwenang untuk satu kawasan tertentu. Kebiasaan ini sudah sejak lama berlangsung dimana petani biasanya akan mengunjungi kebun – kebun kopi milik petani lain yang memiliki produksi dan kualitas tinggi dan meminta bibitnya tanpa memikirkan apakah varietas kopi yang akan dia tanam dikebunya sesuai atau tidak dengan lahan yang mereka miliki sendiri. Para petani akan terus menerus menanam berbagai macam varietas dalam satu kebun kemudian mereka akan melihat sendiri varietas yang mana yang cocok untuk kebunya maka akan di perbanyak. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa ada begitu banyak varietas yang tumbuh dan berkemabang di Gayo bahkan dalam satu kebun sekalipun.

Prilaku otodidak tidak hanya pada proses penanaman tetapi juga pada proses pasca panen dimana para petani atau pengolah biji kopi belajar secara mandiri atau bercontoh kepada yang sudah duluan melakukan bagaimana menangani proses pasca panen. Secara umum pengelohan kopi di Gayo di proses dengan metode full wash dan semi wash meskipun dalam beberapa tahun terakhir telah ada varian – varian baru yang berkembang dan akan terus berkembang begitu juga dengan varietas kopinya.

Posting Komentar untuk "Ragam Varietas Kopi di Gayo dan Faktornya"