Lindungi Burung Liar di Kebun Kopimu

Jenis satwa liar yang paling dekat dengan manusia adalah burung karena burung hidup di berbagai daerah hingga ke pemukiman serta mudah di lihat secara langsung oleh manusia. Namun kali ini kita akan sedikit mengulas soal burung liar di kebun kopi yang kian hari jumlahnya terus menurun di banyak daerah produsen kopi.

Kehadiran burung liar di kebun kopi maupun kebun lainya merupakan hal sangat penting karena memiliki beberapa manfaat misalnya untuk pengontrol hama alami, sebagai penyerbuk tanaman, juga sebagai penyebar benih tanaman liar secara alami sehingga keseimbangan alam tetap terjaga dengan keberadaan burung liar.

Nasib burung liar dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan yang luar biasa termasuk burung – burung yang biasanya banyak di temukan di kebun kopi kini sebagian sudah sangat jarang bahkan ada beberapa yang sudah punah akibat di buru oleh – oleh orang yang kurang peduli terhadap kelestarian dan keseimbangan alam dan hanya memikirkan kesenangan sesaat padahal masih ada cara yang bisa di lakukan meskipun harus memilihara burung misalnya dengan mendapatkan dari hasil ternak atau mengambil anakanya di alam liar tanpa harus memburu indukanya.

Lalu bagaimana solusinya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melarang para pemburu burung liar untuk berburu di kebun kita sendiri dan juga mengajak para tetangga yang kebunya berdekatan dengan milik kita untuk melakukan hal yang sama secara perlahan - lahan.

Cara ini sudah saya lakukan sebagai upaya menjaga kelestarian burung liar dikebun kopi meskipun banyak kendala dan belum membawa hasil yang memuaskan demi menjaga kelestarian burung liar di kebun khususnya kebun kopi untuk mengurangi hama dan juga sebagai langkah kecil yang bisa saya lakukan dalam menjaga kelestarian burung liar dan keseimbangan ekosistem

Lalu bagaimana jika burung liar sudah tidak ada di kebunmu. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan misalnya dengan menanam beberapa tanaman yang yang di sukai oleh burung misalnya bunga kembang sepatu, pohon murbei, jambu dan tanaman lainya yang di sukai oleh burung. Jika dikebunmu ada aliran sungai kecil bersyukurlah karena aliran air ini bisa di manfaatkan untuk minum dan mandi burung liar di siang hari dengan cara membuatkan tempatnya. Aliran air yang di sukai burung tentu harus aliran air yang bersih terbebas dari sampah dan paparan bahan kimia.

Berikut ini adalah beberapa dokumentasi burung liar di kebun kopi yang berhasil saya dokumentasikan dengan menggunakan smarthphone. Sebetulnya saya ingin mendokumentasikan burung – burung liar di kebun kopi secara maksimal namun karena keterbatasan peralatan rencana ini masih di tunda

Posting Komentar untuk "Lindungi Burung Liar di Kebun Kopimu"